DIKLAT TEKNIS SUBSTANTIF MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT BAGI GURU DI MIN 3 JOMBANG

Pencapaian tujuan Pendidikan Nasional tidak dapat dilepaskan dari peran Guru sebagai ujung tombak pelaksanaan Proses Pendidikan di dalam kelas. Para guru dituntut  mampu melaksanakan proses pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara maksimal. Diperlukan kreatifitas guru untuk melakukan pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan, yang salah satunya adalah kreatifitas dalam menentukan dan menggunakan alat/ media pembelajaran dan sumber materi ajar. Salah satu hal yang menjadi ukuran penentuan media pembelajaran yang akan digunakan oleh guru adalah media pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik dan bersifat kekinian (sesuai dengan perkembangan jaman) dan salah satu ukuran Sumber belajar yang efektif adalah sumber materi ajar yang bersifat kekinian yang dapat diakses dengan mudah menggunakan Teknologi Informatika. Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informatika adalah media pembelajaran yang dapat membuat kondisi pembelajaran menjadi tidak membosankan dan sesuai dengan perkembangan jaman, sehingga dapat menjadi pilihan  tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran oleh para guru di MIN 3 Jombang. Sumber Materi ajar yang membuat antusias peserta didik adalah sumber materi ajar yang kekinian yang sesuai dengan perkembangan jaman dan dapat dengan mudah diakses peserta didik. Idealnya, para guru di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Jombang sudah harus menggunakan Media Pembelajaran dan mencari Sumber Materi Ajar yang berbasis Teknologi Informatika, namun realita di lapangan menunjukkan bahwa Media Pembelajaran dan Sumber Materi masih belum familiar digunakan oleh para guru. Diperlukan upaya sosialisasi dan pelatihan penggunaan Teknologi Informatika sebagai Media Pembelajaran dan Sumber Materi Ajar yang efektif, efisien dan menyenangkan di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Jombang khususnya di MIN 3 Jombang.

Kementerian Agama Kab. Jombang melalui Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya berupaya mensosialisasikan dan menguatkan pengetahuan serta keterampilan para guru dalam hal penggunaan Teknologi Informatika sebagai Media Pembelajaran dan Sumber Materi Ajar dengan mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informatika bagi Guru agar dapat menunjang Proses Pembelajaran yang dilakukan oleh para guru di Lingkungan Kementerian Agama Kab. Jombang menjadi lebih  efektif, efisien dan menyenangkan sehingga membuat para guru mampu memanfaatkan aplikasi pembelajaran Offline maupun Online sebagai sarana pengembangan diri yang efektif.  Peserta diklat ini terdiri dari Guru MIN 3 Jombang dan Guru dari madrasah lain di Lingkungan Kementerian Agama Kab. Jombang semuanya berjumlah 40 orang. Pelaksanaan Diklat ini dilaksanakan selama 6 ( enam ) hari, dari tanggal 15  sampai dengan 20 Juni 2019.

Tujuan dari Diklat ini  membentuk sikap dan pikiran  peserta Diklat yang terbuka terhadap Penggunaan  Teknologi dan Informatika dalam Proses Pendidikan, meningkatkan wawasan dan keterampilan peserta Diklat tentang Penggunaan Teknologi Informatika sebagai Alat  Pembelajaran dan sumber Belajar yang sesuai dengan perkembangan jaman, mensosialisasikan penggunaan Aplikasi Pembelajaran Online/Offline di Lingkungan Kementerian Agama Kab. Jombang sehingga dapat membentuk profil Guru yang mahir dalam pemanfaatan Teknologi Informatika.

By : Arif Kurniawan, S.kom.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *