Sejarah

Era globalisasi yang ada saat ini menimbulkan banyak dampak bagi kehidupan manusia, baik dampak positif maupun dampak negatif. Era globalisasi menuntut manusia untuk selalu berkembang setiap harinya. Globalisasi banyak menimbulkan dampak negatif diantaranya dalam hal etika, kultur, pemerintahan, dan yang paling penting adalah lingkungan hidup (LH). Adanya sekolah adiwiyata merupakan salah satu solusi untuk mengatasi dampak terhadap lingkungan hidup. Adiwiyata merupakan lomba dari Kementrian LH yang ditujukan kepada sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Elemen penting dari Adiwiyata ini yaitu kurikulum, kondisi fisik sekolah, sampai perilaku tiap warga sekolah diintegrasikan dengan LH. Hal ini juga yang ditunjukkan oleh Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pucangsimo Jombang untuk berpartisipasi dalam upaya menjaga Lingkungan Hidup sebagai peraih Adiwiyata Mandiri tahun 2016.

MIN 3 Jombang merupakan Madrasah yang terletak di pinggiran kota Jombang Jawa Timur. Madrasah ini berdiri sejak 1970, dengan awal mula bernama MINU yang merupakan Madrasah berstatus swasta. Memiliki murid sekitar 464 siswa, MIN 3 Jombang tumbuh menjadi madrasah yang berbasis LH pada 2010. Sebelum menjadi Madrasah Adiwiyata MIN 3 Jombang pernah mengikuti Lomba Lingkungan Sehat tingkat Kabupaten dan menjadi juara I pada tahun 2011 .

Berbekal dari informasi yang bapak/ibu dewan guru terima dari lingkungan sekitar dan sekolah binaan tentang sekolah Adiwiyata serta bimbingan dari Balai Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang, MIN 3 Jombang memulai langkah untuk mengembangkan Madrasah adiwiyata. Dengan mengusung salah satu hasil tanaman yang khas dari daerah sekitar Pucangsimo yakni Jambu Darsono, MIN 3 Jombang mengembangkan ide dengan membuat bibit tanaman jambu Darsono hingga membuat jambu Darsono menjadi olahan jadi. Hasil olahan jadi jambu Darsono berupa sirup dan selai. Selain Jambu Darsono, MIN 3 Jombang juga berupaya untuk mengolah hasil perkebunan toga masyarakat yang berupa kunyit dan kencur dan diolah menjadi minuman siap minum yakni Jamu Kunyit Asam dan Jamu Kencur. Jamu Kunyit Asam dan Jamu kencur memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh.

Lebih dari pada itu, MIN 3 Jombang berupaya untuk menciptakan budaya cinta lingkungan terhadap siswa dan siswi MIN 3 Jombang. Semua elemen madrasah berperan penting dalam memajukan madrasah lewat Adiwiyata ini. Mulai program kesiswaan dengan kegiatan ekstrakurikulernya dan kurikulum dengan pengintegrasian seluruh mata pelajaran dengan LH. Setelah berjuang beberapa tahun untuk menanamkan program peduli lingkungan bagi seluruh warga Madrasah, MIN 3 Jombang berhasil meraih prestasi sebagai Madrasah Adiwiyata tingkat Kabupaten pada tahun 2012, sebagai Madrasah Adiwiyata tingkat Provinsi tahun 2014, sebagai Madrasah Adiwiyata tingkat Nasional tahun 2014 dan sampai pada sebagai Madrasah Adiwiyata Mandiri pada tahun 2016.

MIN 3 Jombang selalu berusaha untuk menjadi Madrasah yang berkembang dari tahun ke tahun. Setelah memperoleh penghargaan Adiwiyata tingkat Mandiri pada tahun 2016, MIN 3 Jombang membuat Program Madrasah Ramah Anak. Madrasah Ramah Anak merupakan upaya untuk mewujudkan Madrasah yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainya serta mendukung partisipasi anak tertuma dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawaasan dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak di pendidikan. Alhamdulillah pada tanggal 22 Juli 2019 MIN 3 Jombang mendapatkan penghargaan sebagai sekolah Ramah Anak Terbaik dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bersama dengan MIN 20 Aceh Besar Nangroe Aceh Darussalam dan MIS Uwais Al Qorny Pekanbaru Riau