PKKM 4 Tahunan Kepala MIN 3 Jombang 2023

Jombang (MIN 3 Jombang) – Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) merupakan suatu proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas Kepala Madrasah dalam melaksanakan tugas pokoknya. Berdasarkan PMA Nomor 58 Tahun 2017 sebagaimana telah diubah dengan PMA Nomor 24 Tahun 2018 tentang perubahan atas PMA Nomor 58 Tahun 2017 tentang Kepala Madrasah, dijelaskan bahwa PKKM meliputi: usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi serta hasil kinerja Kepala Madrasah.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Pendidikan Madrasah, H. Arif Hidayatulloh, mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang dalam sambutan pembukaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah 4 tahunan Kepala MIN 3 Jombang, Senin 18 September 2023 bertempat di ruang kelas 5 A.

Tim penilai Kinerja Empat Tahunan Kepala MIN 3 Jombang Tahun 2023 terdiri dari Kabid Pendidikan Madrasah pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur sekaligus sebagai ketua Tim, dibantu Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang, 2 orang pengawas, 2 orang guru, 2 orang tenaga kependidikan, dan 2 orang komite madrasah.

Acara penilaian diawali dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ketua Komite MIN 3 Jombang, Haji Mohd. Said Zamachsyari, dilanjut sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang, sambutan ketua tim dilanjutkan paparan Kepala MIN 3 Jombang sekaligus penilaian dan analisa dan interpretasi data yang tersaji.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang, yang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah H. Arif Hidayatulloh, menyampaikan bahwa tugas sebagai kepala madrasah merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati.  “Maka diperlukan penilaian kinerja untuk mengetahui efektif atau tidak efektifnya seorang kepala madrasah selama menjalankan tugas,” ujarnya.

Santoso, Plt. Kabid Pendidikan Madrasah pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur sekaligus sebagai ketua tim penilai menyebutkan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) merupakan salah satu strategi pembinaan untuk menjaga profesionalitas dalam melaksanakan tugasnya, pembinaan karir, peningkatan kompetensi dan penjaminan mutu madrasah di lingkungan Kementerian Agama.

PKKM sebenarnya memotret tugas guru dan pegawai di satuan kerja masing-masing madrasah berdasarkan kepemimpinan Kepala Madrasah, sekaligus untuk mempersiapkan akreditasi pada tahun yang akan datang. Dengan regulasi yang baru terkait dengan penilaian kinerja kepala madrasah dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi kepala madrasah.

“Semoga dengan kegiatan PKKM di MIN 3 Jombang tahun 2023 bisa memberikan manfaat dan kinerja kepala madrasah dapat lebih meningkat sehingga mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan bisa membawa pengembangan mutu pendidikan madrasah,” tuturnya.

Sementara dalam pemaparannya, Lilik Isnainiyah,M.Pd. selaku kepala madrasah menegaskan bahwa MIN 3 Jombang sebagai penyelenggara keterampilan melakukan berbagai inovasi seperti kegiatan BarBeQue ( Baris, Berdo’a dan Quis) , yang dilakukan anak-anak awal masuk kelas yang didampingi oleh Wali kelas.  Dalam hal ini perlu dilakukan pula pembinaan dan peningkatan kualitas guru dan pegawai agar dapat memberikan layanan terbaik bagi peserta didik. 

”Animo masyarakat menyekolahkan putra-putrinya di madrasah cukup signifikan.  Data menunjukan adanya peningkatan dari tahun ke tahun.  Untuk bidang pembangunan fisik, kami sampaikan master plan sebagai acuan pengembangan madrasah ke depan,” paparnya.

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *